Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa dalam Memahami Konsep Ilmu Biomedik

Authors

  • Rahma Hidayati Akademi Keperawatan Bina Insan Jakarta

Keywords:

Biomedik, Kesulitan belajar

Abstract

Ilmu Biomedik merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa keperawatan. Mata kuliah ini memerlukan pemahaman secara konkrit tentang
anatomi dan fungsi sistem tubuh manusia. Mata kuliah ini sekaligus menjadi dasar bagi mahasiswa untuk memahami masalah pasien ketika mereka melaksanakan praktik klinik. Kurangnya pemahaman mahasiswa tentang ilmu biomedik akan berdampak pada menurunnya kinerja akademik atau prestasi belajar serta menjadi salah satu sumber kesulitan pemberikan asuhan keperawatan pada pasien. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi berbagai faktor yang berhubungan dengan kesulitan mahasiswa dalam memahami pelajaran Ilmu Biomedik. Metode yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan desain cross sectional. Responden penelitian merupakan mahasiswa keperawatan tingkat I yang telah menyelesaikan mata kuliah Ilmu Biomedik dan dipilih dengan tekhnik total sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan software SPSS secara univariat dan bivariat. Sebanyak 26,3 % responden memiliki tingkat kesulitan tinggi dalam memamahi ilmu biomedik. Dengan estimasi interval 95%, diketahui tingkat intelegensia responden berada pada angka 103–121. Hasil akhir penelitian menemukan bahwa kesulitan dalam memahami ilmu biomedik hanya berhubungan dengan variabel latar belakang jurusan pada tingkat pendidikan sebelumnya.

Published

2020-12-20

How to Cite

Hidayati, R. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa dalam Memahami Konsep Ilmu Biomedik. JSS (Jurnal Scientific Solutem), 3(2), 12-17. Retrieved from https://journal.akperbinainsan.ac.id/index.php/jss/article/view/52