PENGALAMAN SAUDARA KANDUNG (SIBLING) DARI ANAK PENYANDANG DISABILITAS FISIK DAN ATAU INTELEKTUAL

Penulis

  • Lince Siringo Ringo Universitas Indonesia
  • Fajar Tri Waluyanti Universitas Indonesia
  • Yati Afiyanti Universitas Indonesia

Kata Kunci:

Disabilitas, sibling, pengalaman

Abstrak

Saudara kandung (sibling) dari anak penyandang disabilitas fisik dan atau intelektual merupakan anak yang rentan terhadap berbagai masalah baik fisik, psikis maupun sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi secara mendalam pengalaman sibling dari anak penyandang disabilitas fisik dan atau intelektual. Penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, jumlah partisipan 8 orang, usia 9-23 tahun. Analisis data menggunakan metode Colaizzi dan menghasilkan enam tema penelitian yaitu: 1) Mengenal kecacatan yang dialami saudara kandungnya, 2) penerimaan sibling terhadap kecacatan saudara kandungnya, 3) sibling sebagai pengasuh saudara kandungnya yang cacat, 4) hubungan keseharian sibling dan saudara kandungnya, 5) respon lingkungan terhadap sibling dan kecacatan saudara kandungnya, 6) harapan sibling terhadap saudara kandungnya yang cacat. Pengalaman sibling merupakan bagian penting dan dapat digunakan sebagai acuan untuk melakukan asuhan yang berpusat pada keluarga. Berdasarkan temuan tema pada penelitian ini perawat diharapkan dapat meningkatkan asuhan yang berpusat pada keluarga dengan melibatkan orang tua secara penuh, termasuk sibling

Diterbitkan

2020-04-10

Cara Mengutip

Ringo, L. S. ., Waluyanti, F. T. ., & Afiyanti, Y. . (2020). PENGALAMAN SAUDARA KANDUNG (SIBLING) DARI ANAK PENYANDANG DISABILITAS FISIK DAN ATAU INTELEKTUAL. JSS (Jurnal Scientific Solutem), 3(1), 38-44. Diambil dari https://journal.akperbinainsan.ac.id/index.php/jss/article/view/29