Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pembelajaran Di Laboratorium Kebidanan Mahasiswa Semester IV AKBID Sentra Bina Yudhistira Tangerang
Kata Kunci:
Pembelajaran di Laboratorium, Minat, Motivasi, Dosen, Sarana Prasarana dan Teman bergaulAbstrak
Pembelajaran di laboratorium merupakan strategi pembelajaran atau bentuk
pembelajaran yang digunakan untuk membelajarkan secara bersama-sama kemampuan
psikomotorik (ketrampilan), pengertian (pengetahuan) dan afektif (sikap) menggunakan
sarana laboratorium. Pembelajaran praktek laboratorium secara umum bertujuan agar
mahasiswa memperoleh pengalaman belajar dalam menerapkan teori yang ada sesuai dengan
materi pembelajaran yang diberikan oleh dosen mata kuliah yang bersangkutan walaupun
mahasiswa belum secara utuh menerapkannya pada dunia kerja nyata. Tujuan penelitian
adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pembelajaran laboratorium
mahasiswa semester IV di AKBID Sentra Bina Yudhistira Tangerang tahun periode Februari - Juli 2015. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan
menggunakan pendekatan desain Cross Sectional. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa
kebidanan semester IV dengan jumlah responden 30 orang yang diambil dengan Total
sampling. Instrumen penelitiannya menggunakan kuesioner. Analisa data yang digunakan
adalah univariat (perhitungan persentase) dan bivariat (Uji chi square). Hasil penelitian
didapatkan mahasiswa mempunyai minat rendah terhadap pembelajaran di laboratoriumyaitu
sebanyak 25 responden (83,3%), motivasi rendah yaitu sebanyak 18 responden (60,0%),
dosen mendukung yaitu sebanyak 24 responden (80,0%), sarana prasarana mendukung 50%,
teman kurang mendukung yaitu sebanyak 20 responden (66,7%). Tidak ada hubungan antara
minat mahasiswa dengan pembelajaran di laboratorium, ada hubungan antara motivasi
mahaasiswa dengan pembelajaran di laboratorium tidak ada hubungan antara dosen dengan
pembelajaran laboratorium, tidak ada hubungan sarana prasarana dengan pembelajaran
dilaboratorium, dan tidak ada hubungan teman bergaul dengan pembelajaran di
laboratorium. Kesimpulan: Ada hubungan motivasi mahasiswa terhadap pembelajaran di
laboratorium. Saran: Bagimahasiswa agar terus meningkatkan minat dan motivasi dalam
belajar