Gambaran Kepuasan Mahasiswa Atas Pelayanan Institusi Akademi Kebidanan ‘Aisyiyah Banten
Kata Kunci:
Kepuasan mahasiswa, CSIAbstrak
Pendidikan Tinggi di Perguruan Tinggi dinyatakan bermutu atau berkualitas apabila
Perguruan Tinggi tersebut mampu menetapkan dan mewujudkan visinya melalui
pelaksanaan misinya (aspek deduktif), serta mampu memenuhi kebutuhan stakeholder
(aspek induktif). Pengukuran mutu pelayanan dalam bidang pendidikan di Akademi
Kebidanan ‘Aisyiyah Banten, tidak hanya dilihat dari pelayanan akademis, tetapi juga dilihat
dari pelayanan non-akademis, diantaranya dalam hal administrasi perkuliahan. Penelitian ini
bertujuan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas serta pencapaian akademik yang
optimal untuk mempersiapkan institusi menghadapi akreditasi BAN-PT tahun 2015
mendatang. Dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah riset deskriptif
dengan sampel 77 mahasiswa tingkat I, II dan III. Hasilnya didapatkan nilai Customer
Satisfication Index (CSI) yang tertinggi ada di Bagian ADUM sebesar 86,4%, Bagian
Kemahasiswaan sebesar 78,1%, Pembelajaran sebesar 75,3%, Bagian Laboratorium sebesar
74,4%, Bagian ADAK sebesar 72,4% dan bagian terendah ada di Bagian Perpustakaan
sebesar 58,6%.