PENERAPAN ABC INTEGRASI SEBAGAI PROGRAM KESEHATAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS DIRI REMAJA

Penulis

  • Eva Nurlina Aprilia STIKES Notokusumo Yogyakarta

Kata Kunci:

Integrasi ABC, Intervensi, Keperawatan Komunitas, Remaja, Kesehatan Reproduksi

Abstrak

Latar Belakang: Prevalensi masalah kesehatan reproduksi remaja meningkat seiring dengan kondisi sosial dan gaya hidup remaja yang semakin bebas, sehingga diperlukan pencegahan dalam bentuk peningkatan kualitas diri remaja untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan reproduksi. Tujuan: Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan ABC Integration terhadap peningkatan kualitas diri remaja dalam bidang kesehatan reproduksi di SMP Gedangsari N 1 Gunungkidul Yogyakarta. Hasil: Hasil Kualitas diri remaja dalam keterampilan spiritual baik 71,43% dan kualitas diri cukup 28,57%. Kualitas diri remaja pada keterampilan emosional baik 42,86% dan kualitas diri cukup 54,08% dan kurang 3,06%, kualitas diri remaja pada keterampilan sosial baik 61,22% dan kualitas diri cukup 38,78%. Kualitas diri remaja pada keterampilan mental berada pada kualitas diri baik 47,96% dan cukup yaitu 52,04% dan kualitas diri keterampilan fisik baik 34,69% cukup 61,22% dan kurang 4,08%. Kesimpulan: Ada pengaruh penerapan ABC Integration terhadap peningkatan kualitas diri remaja dalam kesehatan reproduksi ditinjau dari peningkatan kualitas diri remaja ditinjau dari aspek spiritual, emosional, sosial, mental dan fisik.

Diterbitkan

2020-04-10

Cara Mengutip

Aprilia, E. N. . (2020). PENERAPAN ABC INTEGRASI SEBAGAI PROGRAM KESEHATAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS DIRI REMAJA. JSS (Jurnal Scientific Solutem), 3(1), 16-27. Diambil dari https://journal.akperbinainsan.ac.id/index.php/jss/article/view/27